Tips Cari Kerja untuk Fresh Graduate


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Mencari lowongan pekerjaan
Tips Cari Kerja untuk Fresh Graduate - Para sarjana yang baru lulus belakangan ini dinilai memiliki kesiapan bekerja yang minim. Psikolog Kassandra Putranto bahkan mengatakan para lulusan fresh graduate itu hanya memiliki kesiapan sebesar 25 persen. "Tidak semua mahasiswa fresh graduate langsung siap beradaptasi kerja bila minim pengalaman," kata Kassandra Putranto dalam acara kuliah umum "Sukses Menghadapi Wawancara Kerja" di Universitas Mercu Buana, Jakarta, Senin lalu. Sebelum lulus, Kassandra mendorong para mahasiswa untuk melakukan praktik kerja atau magang untuk menambah keahlian saat masih berada di kampus. Magang akan menambah kemampuan para lulusan baru dalam beradaptasi dengan lingkungan dan tugas di tempat kerja baru.

Selain itu, Kassandra memberikan 3 tips lulusan baru mencari kerja :

Jangan terlalu banyak menyebar lamaran kerja. Menurut Kassandra, itu adalah bentuk pemborosan. Dia mendorong para mahasiswa untuk fokus mengirimkan lamaran ke perusahaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing.

Berikan kesan terbaik. Saat wawancara oleh bagian personalia, lanjutnya, Kassandra menyarankan untuk memberikan kesan terbaik dengan penampilan yang sopan dan sikap yang ramah.

Tunjukkan kemampuan diri. Saat negosiasi penawaran gaji atau honor, Kassandra menuturkan, lulusan baru biasanya "bernilai" antara Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Namun, apabila  telah memiliki keahlian yang telah terbukti selama magang, seseorang bisa melakukan negosiasi.

"Tunjukkan kemampuan diri dengan pengalaman dan skill karena akan memengaruhi nilai pendapatan," ujarnya. Sementara itu di UMB, Kepala Pusat UMB Career dan Training Center Wahyu Hari Haji mengatakan, pihaknya juga berupaya membantu calon-calon lulusannya untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam mendapatkan pekerjaan.

Penanaman soft skill, nilai etika, dan budaya kerja disampaikan melalui beberapa pelatihan, seperti pelatihan psikotes, teknik wawancara, hingga komunikasi langsung dengan berbagai narasumber dalam kuliah umum. "Untuk training, kita masukan ke dalam kurikulum sehingga semua mahasiswa merasakannya," katanya. "Jadi, mental mahasiswa sudah dibentuk sejak dini," tambahnya kemudian. Untuk lulusan baru, Wahyu berpesan agar tidak grogi dalam wawancara kerja. Pasalnya, itu berpengaruh pada hasilnya nanti. "Grogi muncul karena tidak menguasai skill yang dimiliki dan minim pengalaman," ujarnya.

Tag : Cara mencari lowongan kerja, Tips cari lowongan terbaru, Tips cara mendapatkan pekerjaan
Sumber : edukasi.kompas.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, Tips Cari Kerja untuk Fresh Graduate yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM