Hari Pertama Kerja? Baca Ini Dahulu


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Tips hari pertama bekerja di kantor setelah melamar pekerjaan
Tips Hari Pertama Kerja - Selulus kuliah, kita akan memasuki dunia kerja. Dunia ini jauh berbeda dengan kehidupan di kampus. Maka itu banyak hal yang perlu diketahui. Mau tahu? Di dunia kerja, kita akan dihadapkan oleh tanggung jawab yang cukup besar. Tapi jangan khawatir, kita bisa meminimalisir semuanya jika kita mencari tahu.

Seperti dikutip dari buku Anak Bawang Mencari Peluang ; Trik Cerdas Masuk Dunia Kerja, karya Ade Hapsari Lestarini yang diterbitkan oleh Gagas Media, sejumlah psikolog menyatakan, kondisi ini bukan sesuatu yang perlu ditakutkan karena itu sudah menjadi hal yang wajar. Pada dasarnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya sebagai pekerja baru kamu meminta informasi sebanyak mungkin tentang lingkungan kerjamu. Bagaimana pun lingkungan kerja, termasuk teman, akan berpengaruh banyak pada langkah berikutnya.

Selanjutnya, ada baiknya kita mempelajari produk perusahaan, filsosofi yang dianut, lalu cara kerja yang biasa berlaku di lingkungan baru terlebih dahulu. Ada saatnya cara ini akan menyita banyak waktu dan banyak yang tidak terlaksana. Biasanya waktu dua minggu cukup untuk melakukan perkenalan awal dengan lingkungan kerja yang akan jadi partner nantinya. Terkadang dunia kerja juga akan menguji mental para fresh graduet. Para pekerja pemula diminta untuk bisa bersikap dewasa dalam menyikapi masalah dan mengambil keputusan dengan bijak.

Walaupuan harus melakukan adaptasi dengan lingkungan kantor yang baru, kita tidak perlu "menghilangkan" diri sebagai sosok pribadi yang utuh. Kamu rasakan saja apakah kamu merasa familiar sejak pertama kali melihat teman-teman baru. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan pada hari pertama?

1. Kendalikan Sikap
Ketika memasuki lingkungan atau tempat kerja baru, hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah bersikap sewajar mungkin, baik tingkah laku, maupuan sikap. Hindari sikap kekanak-kanakan dan emosional.

2. Berpenampilan Sewajarnya
Pakailah pakaian yang wajar. Perhatikan dandanan,  pakaian maupun aksesoris yang digunakan. Pembawaan yang serba berlebihan akan menimbulkan respons yang kurang simpatik dari orang-orang lama di kantor tersebut.

3. Patuhi Tata Tertib Perusahaan
Ini sangat penting. Hal yang harus diperhatikan adalah cari tahu mengenai tata tertib perusahaan, seperti jam masuk-pulang kantor dan jam makan siang, hak cuti, izin sakit. Jangan mengubah aturan kantor seenaknya saja.

4. Tunjukkan Tanggung Jawabamu
Sebagai karyawan kita harus menunjukan kredibilitas dan loyalitas sama pekerjaan. Dengan demikian, tidak mustahil pekerjaan kita akan selesai dengan baik. Bahkan, promosi jabatan bisa diraih. Yang penting jangan pernah berhenti berusaha dan berdoa.

Tag : Tips trik hari pertama kerja, Cara masuk kerja setelah mencari lowongan kerja
Sumber : kampus.okezone.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, Hari Pertama Kerja? Baca Ini Dahulu yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM