Kiat Membuat CV yang "Menjual"


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Kiat Membuat CV yang "Menjual" - Karena ingin membuat perusahaan terkesan, biasanya kita akan menonjolkan berbagai keterampilan dan pengalaman kerja dalam CV (curriculum vitae) atau biodata. Padahal, ini bisa menjadi penyebab kegagalan dalam mencari kerja. Menjejalkan berbagai kegiatan, keterampilan, dan pengalaman kerja dalam satu halaman CV akan tidak efektif karena kemungkinan perusahaan tidak akan mengingat itu semua. "Lebih baik Anda menyusun narasi yang jelas sehingga perusahaan bisa mendapat gambaran mengenai diri Anda," kata Elli Sharef, pendiri HireArt, sebuah perusahaan konsultan SDM.

Menurut Elli, resume yang memiliki halaman terlalu banyak juga tidak disarankan. "Resume yang panjang juga tidak memberikan kesan yang baik karena bisa membuang waktu orang," katanya.

Agar resume yang Anda buat bisa membuat perusahaan tertarik, ketahui bagaimana cara menyusunnya secara efektif.

1. Singkat tapi padat
Biasanya perusahaan hanya akan melihat resume Anda sekilas, sekitar 25 detik. Karenanya, Anda tak perlu secara detil mencantumkan seluruh riwayat pekerjaan Anda. Rangkumlah dalam beberapa paragraf. Perhatikan juga huruf yang dipakai, jangan terlalu besar dan terlalu kecil.

2. Identifikasi prestasi
Fokuslah untuk menceritakan apa yang Anda kerjakan selama ini, bukan sekedar menjelaskan jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Cantumkan pula prestasi yang diraih ketika Anda mengerjakannya sebagai "nilai jual" Anda. Misalnya, mencatat penjualan tertinggi, dan sebagainya. Sebaiknya sebutkan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

3. Perhatikan gaya bahasa
Membuat narasi mengenai pengalaman kerja Anda memang tidak mudah. Karena itu belajarlah menggunakan kata-kata yang efektif dan enak dibaca tanpa terkesan sedang mendongeng. Sesuaikan juga bahasa dengan perusahaan yang dilamar. Tidak perlu memaksakan diri menggunakan bahasa Inggris jika perusahaan yang dituju adalah perusahaan lokal.

4. Network
Penting untuk memberitahu perusahaan yang Anda lamar tentang jaringan kerja yang sudah Anda miliki. Biasanya hal ini akan memberi poin lebih bagi Anda.

Tag : Contoh format surat lowongan kerja, Tips membuat cv untuk mencari lowngan kerja, Contoh resume dan cv untuk kerja
Sumber : timesofindia.indiatimes.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, Kiat Membuat CV yang "Menjual" yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM