Mengapa Gaji Karyawan Wanita Lebih Rendah dari Pria?


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Daftar slip struk gaji pekerjaan di Indonesia
Mengapa Gaji Karyawan Wanita Lebih Rendah dari Pria - Jabatan tinggi dan penghasilan berlipat memang bukan monopoli kaum pria. Apalagi saat ini peluang para wanita untuk menduduki posisi puncak semakin terbuka lebar. Tapi, tetap saja secara rerata gaji karyawan wanita lebih rendah dari kolega prianya. Menurut sebuah organisasi riset Catalyst yang melakukan survei terhadap 500 perusahaan terbaik versi Fortune, gaji para wanita dua pertiga lebih rendah dibanding gaji para pria. Ada beberapa penyebab mengapa kaum wanita masih berada di urutan kedua.

1. Bidang tertentu didominasi pria
Secara tradisional ada bidang-bidang pekerjaan tertentu yang lebih banyak ditekuni kaum pria. Padahal bidang pekerjaan tersebut umumnya menawarkan gaji besar, misalnya saja bidang teknik dan ilmu komputer. Di Silicon Valley saja jumlah karyawati sangat timpang dengan karyawan pria.

2. Pilihan fakultas
Di setiap universitas ada fakultas tertentu yang memang seolah menjadi domain kaum pria, misalnya komputer atau teknik. Sebaliknya, para mahasiswi lebih tertarik pada bidang ilmu sosial seperti menjadi pengajar atau profesi yang berkaitan dengan "pengasuhan" yang standar gajinya cenderung lebih rendah.

3. Sempat berhenti kerja
Bukan hal yang aneh saat seorang wanita bekerja yang sudah memiliki anak memutuskan untuk berhenti kerja demi mengasuh anaknya. Hal ini membuat mereka menjadi lebih sulit bersaing dengan koleganya saat harus kembali ke dunia kerja.

4. Standar gaji berbeda
Faktanya, meski seorang wanita sudah melakukan upaya keras untuk menunjukkan kompetensinya agar sejajar dengan pria, tetap saja wanita mengantongi gaji 5 persen lebih rendah.

5. Tak berani tampil
Salah satu kelemahan kaum wanita adalah cenderung bersikap patuh dan tidak mau menonjolkan diri. Akibatnya kebanyakan dari mereka tidak berani tampil untuk menunjukkan kemampuannya sehingga kurang diperhitungkan di tempat kerja.

Tag : Contoh daftar struk slip gaji, Cara mendapatkan kenaikan gaji, Gaji pekerjaan di Indonesia
Sumber : female.kompas.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, Mengapa Gaji Karyawan Wanita Lebih Rendah dari Pria? yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM