7 Tips Cara Mengatur Waktu Liburan Bagi Si Super Sibuk


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Manajemen waktu yang baik
7 Tips Cara Mengatur Waktu Liburan Bagi Si Super Sibuk - Banyak orang yang bertanya bagaimana menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan kehidupan kerja. Hal tersebut mengingat jumlah orang yang masih sibuk bekerja di akhir pekan semakin bertambah dan tak bisa menikmati seluruh waktu kerjanya. Beberapa diantaranya bahkan mengatakan butuh waktu 25 jam per hari untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seperti dikutip dari laman wrike.com, Minggu (4/8/2013), dari survei yang dilakukan sebuah situs global tentang kerja efisien, tercatat sebanyak 35% tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) tetap bekerja selama akhir pekan. Selain itu, 43% diantaranya tidak menggunakan seluruh waktu liburannya.

Seringkali, penyebabnya datang dari kelemahan seseorang dalam mengelola waktu kerjanya sendiri. Berikut tujuh tips agar Anda bisa menikmati seluruh waktu libur Anda meski dengan jadwal kerja yang super padat:

1. Jangan menunda-nunda pekerjaan. Kebanyakan karyawan cenderung menunda pekerjaannya jika mereka pikir masih bisa dikerjakan nanti. Jika pekerjaan tersebut tak membutuhkan waktu lama, sebaiknya cepat selesaikan saat Anda punya banyak waktu untuk melakukannya.

2. Lawan hal-hal yang mengganggu. Kebanyakan orang di Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk mengakses Facebook setiap harinya. Berhenti bermain di dunia maya saat sedang bekerja agar Anda terhindar dari tumpukan pekerjaan yang tak perlu terjadi.

3.  Tentukan prioritas. Sebanyak 80% dari seluruh waktu kerja Anda dihabiskan untuk hal-hal yang tak begitu penting. Sesuaikan fokus Anda pada saat sedang bekerja, hindari bermain-main di hari kerja. Sebaiknya Anda menghibur diri Anda di hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

4. Buat tenggat waktu. Dari satu tugas, seseorang biasanya menghabiskan waktu hingga dua kali lipat dari yang rencana awal. Contoh saja, Anda berencana menyelesaikan satu laporan dalam 2 jam, tapi laporan tersebut baru selesai 4 jam kemudian. Hal ini dapat menguras waktu Anda di akhir pekan. Buat jadwal ketat untuk diri sendiri sehingga Anda tak perlu kehabisan waktu liburan untuk tetap bekerja.

5. Fokus pada satu pekerjaan yang harus diselesaikan. Setiap 8 menit sekali, seseorang biasanya melakukan hal lain di luar fokusnya tersebut. Hindari kebiasaan tersebut, agar waktu libur Anda tak terkuras pekerjaan.

6. Jangan serakah dengan beban kerja. Segera delegasikan tugas. Anda bisa menghemat 100 menit setiap minggunya jika Anda mampu fokus pada pekerjaan selama 20 menit tanpa melakukan hal lain. Tidak seperti poin sebelumnya di mana Anda cenderung mengalihkan fokus setiap 8 menit sekali.

7. Buat segala sesuatu secara terorganisasi baik. Sebanyak 30% dari seluruh karyawan yang ada tak memiliki 'to do list' atau daftar apa saja yang harus dikerjakan. Jika Anda termasuk ke dalam 30% tersebut, baiknya buat daftar tersebut dan pastikan waktu Anda tak banyak terbuang. Sehingga Anda bisa tetap menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga dan teman.

Tag : Tips manajemen waktu, Bagaimana cara mengatur waktu yang baik dan benar, Cara mengatur kegiatan sehari-hari
Sumber : bisnis.liputan6.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, 7 Tips Cara Mengatur Waktu Liburan Bagi Si Super Sibuk yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM