Pindah Kerja, Enggak Usah Gugup


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Tips Trik Pindah Kerja Di Kantor Baru - Suasana baru membuat kita perlu beradaptasi, begitu juga ketika Anda memutuskan pindah kantor. Bahkan, Anda perlu lebih berusaha dalam beradaptasi ketika kantor baru Anda memiliki karakter yang berbeda dengan yang sekarang. Tidak perlu gugup. Beberapa tips ini bisa Anda terapkan untuk menyesuaikan diri di kantor baru. Ini adalah bagian pertama dari 12 tips yang dilansir Forbes, Jumat (7/3/2014).

Bertanya sebelum mulai kerja. Jangan segan bertanya kepada calon atasan tentang jam berapa Anda harus masuk kantor, jam berapa Anda bisa pulang, tata cara berpakaian di kantor dan protokol kerja lainnya. Informasi seperti ini penting agar Anda tidak salah kostum atau terlambat di hari pertama kerja. Selain itu, Anda juga tidak akan terlalu gugup.

Ketahui rekan kerja, peran mereka dan hubungan satu sama lain. Anda perlu mengetahui dan mengobservasi dinamika dan interaksi di antara rekan kerja. Kebanyakan kantor memiliki tukang gosip sendiri, kesayangan bos dan si pegawai teladan. Sebelum Anda terlalu dekat dengan seseorang, ambillah beberapa minggu untuk mengetahui siapa memainkan peran apa di kantor baru.

Membangun politik kantor dan struktur kekuatan. Selain mengetahui berbagai peran di antara rekan kerja, Anda juga perlu mengetahui siapa yang memiliki kekuasaan di antara mereka. Siapa yang menjadi mata dan telinga si bos, dsb.

Anda perlu membangun kekuatan di kantor dengan bijaksana. Hirarki sosial adalah fenomena alamiah yang muncul akibat keberadaan kelompok. Dan Anda tidak bisa mengarahkan mereka dengan baik sebelum Anda memiliki peta perpolitikan di kantor.

Bangun hubungan secepatnya. Begitu Anda mengetahui siapa memegang peranan apa di kantor, segera bangun hubungan yang cerdas di dalam organisasi tersebut. Jangan segan menawarkan bantuan kepada mereka yang memerlukan. Dengan cara ini, Anda akan belajar tentang tujuan mereka dan membangun modal politik.

Temukan aliansi. Cari tahu seseorang yang berpengalaman di kantor dan dapat menjadi guru Anda. Selain belajar dari pengalamannya, Anda juga bisa mempercepat proses pembelajaran tentang perusahaan dan menapaki tangga sukses. Ketimbang salah memilih orang, Anda bisa bertanya kepada atasan siapa yang dapat Anda jadikan mentor dan mampu mengarahkan Anda ke jalan yang lebih baik.

Tahu yang diharapkan dari Anda. Jangan membuat asumsi berdasarkan apa yang Anda tahu atau Anda dengar tentang suatu pekerjaan di kantor. Sering kali, pengharapan manajer Anda dapat berbeda jauh dengan standar tradisional, kebijakan dan prosedur perusahaan atau rencana kerja tim.

Jika kinerja Anda tidak memuaskan atasan, makan pengembangan karier Anda akan mustahil terjadi. Sehingga, untuk menghindari ini, bicarakan dengan supervisor tentang apa yang mereka harapkan dari Anda. Cara lainnya, mempelajari kesuksesan rekan kerja dan terus berlatih.

Tag : Bagaimana sikap di kantor baru, Cara berkenalan dengan karyawan di kantor baru, Tips pindah kerja
Sumber : kampus.okezone.com


Terimakasih telah membaca artikel kami, Pindah Kerja, Enggak Usah Gugup yang diterbitkan oleh Lingkup Kerja. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi namun HANYA BlOGGER YANG SUDAH BERGABUNG DENGAN LINGKUP KERJA yang dapat memberikan komentar. Ingin bergabung? Klik di sini.

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan isi artikel akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Bergabung bersama kami

Total Tayangan Laman

Lingkup Kerja © 2014 Design by TIM